Minggu, 05 Agustus 2012

RPP Bunia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah : SMK MAARIF TEGALREJO
Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Keahlian Akuntansi
Kelas / Semester : X (Sepuluh) AK / 1
Pertemuan Ke : 1 - 5
Alokasi Waktu : ....... x 45 Menit
KKM : 75
Karakter : Disiplin, Komunikatif, Jujur dan Bertanggungjawab
Standar Kompetensi : Menerapkan Prinsip Praktek Profesional Bekerja
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi luas sektor dan tanggungjawab industri
Indikator :
1) Mengidentifikasi aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi dalam menjalankan pekerjan.
2) Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab berbagai pihak yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi dalam menjalankan tugas.
3) Mengumpulkan dan menganalisis informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan, dan kode etik

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini peserta didik paham dan mampu:
1. Mengidentifikasi aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi dalam menjalankan pekerjan.
2. Mengidentifikasi peran dan tanggung jawab berbagai pihak yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi dalam menjalankan tugas.
3. Mengumpulkan dan menganalisis informasi yang berhubungan dengan hukum, peraturan, dan kode etik
II. MATERI AJAR
1. Definisi professional
2. Definisi teknisi akuntansi dan teknisi akuntansi profesional
3. pengertian dan macam-macm industri
4. Pengelolaan usaha dalam bidang industri dapat diidentifikasi
5. Aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi pada perusahaan kecil.
6. Aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi pada perusahaan sedang.
7. Aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi pada perusahaan besar.
8. Keanggotaan teknisi akuntansi.
9. Peran dan tanggung jawab anggota teknisi akuntansi.
10. Pihak-pihak lain yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi saat menjalankan tugas.
11. Peran dan tanggung jawab pihak-pihak lain yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi saat menjalankan tugas.
12. Informasi mengenai hukum, peraturan, dan kode etik profesi teknisi akuntansi.
13. Kode etik teknisi akuntansi Indonesia.
14. Aturan etika teknisi akuntansi Indonesia.
15. Dasar hukum operasional LSP Teknisi Akuntansi.

III. METODE PEMBELAJARAN:
Ceramah/Diskusi/Tanya Jawab/Kuis/Tutor sebaya (Peer teaching)/Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Kegiatan Awal ( 15 menit )
1. Salam pembuka, doa, Mengkondisikan kelas supaya siap menerima pelajaran
2. Berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran siswa dan perkenalan
3. Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran
4. Menginformasikan materi ajar yang akan dibahas dan menginformasikan tujuan yang akan dicapai.
B. Kegiatan Inti ( 55 menit )
1) Guru menjelaskan materi ajar nomor 1 sd 7 kepada siswa (Elaborasi)
2) Bertanya jawab tentang pengetahuan/keterampilan yang terkait dengan materi ajar yang dibahas (Elaborasi dan eksplorasi)
3) Memotivasi siswa menemukan contoh dalam dunia nyata mengenai materi ajar yang terkait (Eksplorasi dan Konfirmasi)
4) Siswa diberikan kesempatan berdiskusi kepada guru maupun kepada siswa lain mengenai materi yang kurang paham (Elaborasi)
C. Kegiatan Akhir ( 20 menit )
1) Siswa bersama guru membuat Rangkuman Materi Ajar dan kesimpulan
2) Guru menginformasikan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
3) Memberikan salam penutup kepada seluruh siswa.

Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Kegiatan Awal (15 menit )
1) Salam pembuka, doa, mengabsen siswa&mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran, mengingatkan materi ajar pertemuan sebelumnya
2) Tanya jawab materi ajar pertemuan sebelumnya (Elaborasi)
3) Menginformasikan materi ajar yang akan dibahas dan menginformasikan tujuan yang akan dicapai.
B. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1) Guru menjelaskan materi ajar nomor 8 - 12 kepada siswa (Elaborasi)
2) Bertanya jawab tentang pengetahuan/keterampilan yang terkait dengan materi ajar yang dibahas (Elaborasi)
3) Memotivasi siswa menemukan contoh dalam dunia nyata mengenai materi ajar yang terkait (Eksplorasi dan Konfirmasi)
4) Siswa diberikan kesempatan berdiskusi kepada guru maupun kepada siswa lain mengenai materi yang kurang paham (Elaborasi)
C. Kegiatan Akhir ( 40 menit )
1) Guru bersama siswa membuat Rangkuman Materi Ajar dan kesimpulan
2) Guru memberikan kuis harian kepada siswa (Elaborasi)
3) Siswa saling mengoreksi jawaban dan siswa mendapat umpan balik dari guru (Konfirmasi)
4) Guru menginformasikan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
5) Memberikan salam penutup kepada seluruh siswa.

Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Kegiatan Awal (15 menit )
1. Salam pembuka, doa, mengabsen siswa&mengkonsisikan siswa untuk siap menerima materi, mengingatkan materi ajar pertemuan sebelumnya
2. Tanya jawab materi ajar pertemuan sebelumnya (Elaborasi)
3. Menginformasikan materi ajar yang akan dibahas dan menginformasikan tujuan yang akan dicapai.
B. Kegiatan Inti ( 55 menit )
1. Guru menjelaskan materi ajar nomor 13 - 14 kepada siswa (Elaborasi)
2. Bertanya jawab tentang pengetahuan/keterampilan yang terkait dengan materi ajar yang dibahas (Elaborasi)
3. Memotivasi siswa menemukan contoh dalam dunia nyata mengenai materi ajar yang terkait (Eksplorasi dan Konfirmasi)
4. Siswa diberikan kesempatan berdiskusi kepada guru maupun kepada siswa lain mengenai materi yang kurang paham (Elaborasi)
C. Kegiatan Akhir ( 20 menit )
1. Guru bersama siswa membuat Rangkuman Materi Ajar dan kesimpulan
2. Memberikan salam penutup kepada seluruh siswa.

Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Kegiatan Awal (5 menit )
1) Salam pembuka, mengabsen siswa
2) Memberikan soal latihan (Elaborasi)
B. Kegiatan Inti ( 80 menit )
1) Siswa mengerjakan latihan soal
2) Siswa saling mengoreksi jawaban dan siswa mendapat umpan balik dari guru (Konfirmasi)
C. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
1) Memberikan salam penutup kepada seluruh siswa.
2) Menginformasikan ulangan harian pada pertemuan selanjutnya


Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Kegiatan Awal (5 menit )
1. Salam pembuka, doa, mengabsen siswa, mengatur tempat duduk ulangan
2. Guru memberikan soal ulangan
B. Kegiatan Inti ( 80 menit )
1. Pelaksanaan Ulangan harian
C. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
1. Guru menginformasikan materi ajar pada pertemuan selanjutnya
2. Memberikan salam penutup kepada seluruh siswa.

V. MEDIA PEMBELAJARAN/BAHAN/SUMBER BELAJAR:
1) White Board/Alat Tulis/Internet/Perpustakaan.
2) Modul:
a) Modul Melaksanakan Komunikasi Bisnis untuk SMK-Bisnis Manajemen (2010), Penerbit: Hayati Tumbuh Subur, Endang Sulistiyo, S.Pd.

VI. PENILAIAN:
1) Tes Tertulis/Tes Lisan/Kuis/Hasil Rangkuman/Kelengkapan Tugas/Keaktifan dalam kelas/Sikap Kerja.
2) Soal, kunci jawaban, dan kriteria penilaian (terlampir).

Magelang, 16 Juli 2012
Guru Program Keah. Akuntansi,


Karunia Ningwati, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar